jump to navigation

Kesan – kesan yang tersisa dari konferensi ICIIM 2014, Phuket Thailand 12 – 13 Januari 2014. Seharusnya kita bisa lebih baik Januari 13, 2014

Posted by Mujiono Sadikin in Yang Aku Pelajari, Yang Aku Pikirkan, Yang Aku Senangi, Yang di seputar Mercu Buana, Yang Kami Kerjakan, Yang Sayang Dilupakan.
trackback

ICIIM 2014

ICIIM 2014

Seharian ini 13 Januari 2014 saya mengikuti konferensi dan mempresentasikan makalah di ICCIM (www.iciim.org) yang diadakan oleh IACSIT (http://www.iacsit.org/).  Untuk alasan inilah saya berada di Phuket sampai dengan Rabu nanti. Kesan yang saya dapatkan adalah sekilas konferensi ini tidak lebih baik dari beberapa konferensi internasional yang saya ikuti di tanah air seperti ICOICT Telkom, ICIBC Undip, ICTS ITS Surabaya, atau ICID 2011  UII. Dan jauh lebih baik dan lebih ramai ICCIS 2012 University of Technology Petronas Malaysia. Dari sisi infrastruktur pendukung ICIIM, saya hitung beberapa kali power listrik mati sehingga mengganggu acara. SDM yang mengurus pun terkesan kurang memadai. Pembawa acara, pengurus dokumentasi, bahkan pengurus dan penyelesai permasalahan seperti listrik yang mati tadi, hanya seorang yang sama. Untuk konferensi sekelasi ICIIM begini, tentu saja janggal jika hanya ada 3 panitia yang terlihat bekerja. Itupun sudah termasuk tuan rumah sebagai penyampai opening speech. Terkesan fokus pada efisiensi yang kebablasan.

Berdasarkan laporan dari panitia saat pembukaan acara kualitas makalah yang masuk bisa dikatakan bagus jika dilihat dari kompetisinya yang cukup ketat. Dari sekitar 200 makalah yang masuk, hanya 50 yang dinyatakan layak dipresentasikan pada konferensi ini. Dari 50 makalah yang lolos ini mencakup berbagai bidang disiplin ilmu terkait teknologi informasi dan electrical engineering. Bidang teknologi informasi bervariasi mulai dari tata kelola sistem informasi, kecerdasan buatan, bahkan juga pembangunan protitipe aplikasi. Pemakalah memang datang dari segala penjuru dunia. Dari Asia Pasifik ada Thailand, Malaysia, Indonesia, Korea, Jepang, Australia dan Pakistan. Beberapa peserta dari Eropa juga terlihat, Satu dua orang dari Asia Tengah.

Conference Title

Conference Title

Sayang sekali lagi, tidak semua peserta datang mempresentasikan hasil penelitiannya. Dari 50 peserta tersebut, hanya sekitar 25 an yang hadir dan mendiskusikan hasil studinya. Sisanya entah ke mana.  Ini mungkin pengaturan panitia yang kurang pas dan terlalu baik, yaitu pembagian sertifikat yang diberikan saat registrasi. Ini hal yang baru bagi saya. Beberapa saya menghadiri dan mempresentasikan makalah pada konferensi internasional, selalu sertifikat diberikan setelah kita mempresentasikan apa yang kita submit.

Dengan memperhatikan pelaksanaan konferensi itu dan juga sedikit diskusi dengan peserta lainnya. Rasanya beberapa konferensi internasional yang diselenggarakan di tanah air lebih baik dan lebih serius. Sayang – menurut saya – kompetisi kelolosan makalah yang cukup ketat ini tidak diimbangi dengan pengelolaan yang baik. Dan lebih dari itu, dari pengelolaan maupun dari materi, harusnya kita –  UMB, Fasilkom –  bisa menyelenggarakan konferensi internasional dengan cukup percaya diri. Hanya sayang, kita masih belum terlalu bisa menjual. Menjual inilah saya lihat sebagai salah satu kekuatan ICIIM ini. Oh ya, kekuatan yang lain mungkin adalah semua makalah yang dipresentasikan di ICIIM ini otomatis diterbitkan di jurnal   saya kutip saja : All papers for the ICIIM 2014 will be published in the Journal of Advanced Management Science  (ISSN: 2168-0787www.joams.com ), which will be indexed by Ulrich’s Periodicals Directory, Google ScholarEBSCOEngineering & Technology Digital Library and Electronic Journals Digital Library.

Jadi lumayan, satu kum Jurnal Internasional sudah didapatkan🙂

Sebagian Peserta

Sebagian Peserta

Wallahu alam bissawab 

http://www.mercubuana.ac.id

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: