jump to navigation

Coding itu menyenangkan …. November 16, 2012

Posted by Mujiono Sadikin in Yang Aku Pelajari, Yang Aku Pikirkan, Yang Aku Senangi, Yang Sayang Dilupakan.
trackback

source_code_ORFFinder.pl

source_code_ORFFinder.pl

Coding adalah istilah yang digunakan untuk menyebut aktivitas membuat program sumber bahan aplikasi yang dijalankan di komputer (termasuk peralatan mobile HP, smartphone, atau bahkan peralatan elektronik lain seperti AC, TV, dll). Sedangkan sebutan bagi orang yang melakukannya adalah Programmer. Di lingkungan bidang ilmu komputer, teknik informatika, sistem informasi, dan yang sejenisnya programmer biasanya adalah kasta pertama yang dilakoni ketika mahasiswa lulus kuliah. Kasta pertama bukan berarti terendah. Tetapi begitulah urutan yang biasanya. Begitu lulus mereka akan menjadi programmer, kemudian bisanya menjadi analisa atau perancang / designer perangkat lunak apalikasi. Itu pula yang saya alami beberapa belas tahun yang lalu ketika lulus kuliah. Setelah beberapa waktu menjadi programmer, lama kelamaan semakin jauh dari dunia coding. Hingga akhirnya terakhir saya membuat program komputer sekitar 12 tahun yang lalu. Waktu yang cukup lama.
Bagi kebanyakan kita saat ini, aplikasi komputer tidak bisa sesaatpun lepas dari kita. Saya berani bertaruh, bagi kita lebih sering menikmati aplikasi komputer dari pada minum. Ketika kita membaca blog ini, kita menikmati aplikasi sebagai bahan jadi program komputer. Ketika kita menggunakan handphone entah untuk keperluan berbicara, ber sms ria, atau bbm kita memaanfaatkan aplikasi komputer. Jangan lagi ditanya mengenai facebook, twitter, atau browsing. Semuanya ada peran sangat penting program sumber aplikasi di sana.
Membuat program sumber (source code, coding) adalah proses menterjemahkan gagasan solusi manusia ke dalam solusi mesin. Maka yang dilakukan programmer adalah bagaimana memetakan solusi tersebut sehingga bisa dipahami oleh mesin (komputer, server, hp, smartphone, AC, komponen mobil, dll). Untuk memetakan solusi tersebut digunakan apa yang disebut bahasa pemrograman. Seperti juga Bahasa kita ada Bahasa daerah yang bermacam – macam, bahasa nasional dan bahasa internasional. Bahasa Pemrograman juga sangat banyak ragamnya mulai dari yang sederhana dan ribet digunakannya sampai dengan yang canggih dan sangat gampang digunakan.
Berbeda dengan hasil rekayasa yang lain seperti konstruksi bangunan, jalan, atau otomotif dan permesinan, rekayasa program komputer lebih abstrak dan sulit diukur. Untuk permasalahan yang sama sangat mungkin program komputer yang dihasilkan oleh programmer yang berbeda akan berbeda. Program komputer sangat tergantung kepada programmernya. Cara membuat program bagi programmer mungkin mirip dengan para pengarang membuat karangan, masing – masing berbeda. Oleh karena itulah sulit mengukur program komputer. Meski karena dia juga termasuk ilmu rekayasa teknik, berbagai cara digunakan untuk mengukur hasil program komputer.
Untuk bisa membuat program komputer, hal pertama yang harus dikuasi adalah memahami permasalahan yang akan diselesaikan. Perlu dipahami bahwa semua program komputer adalah sistem, ada masukan, ada proses, ada keluaran. Masukan dan keluaran selalu berupa data. Jika program kita sub sistem SMS misalnya, masukannya adalah karakter yang kita ketikkan, keluarannya adalah kata – kalimat yang ditampilkan di layar HP kita. Maka selanjutnya hal yang kemudian dilakukan adalah memilih model struktur data yang tepat. Model struktur data yang kita pilih akan mempengaruhi proses yang akan kita susun. Proses dalam program komputer sebenarnya simpel yaitu : memasukkan masukan, mengulang aktivitas, memilih aktivitas, menghitung hasil atau aktivitas, dan mengeluarkan hasil proses. Tetapi yang menjadikannya ribet adalah kombinasi kesemuanya itu dan karena abstrak, jika ada kesalahan lebih sulit dilacak daripada karya rekayasa lain yang lebih konkret.
Maka kemampuan yang harus dipunyai seorang programmer adalah kemampuan yang baik untuk analisa dan logika. Contoh saja jika saya mempunyai uang lebih dari 10.000 saya bisa membeli makan siang, tetapi jika saya mempunyai uang kurang dari 10.000 saya hanya bisa membeli minuman. Ini adalah logika yang salah jika diterapkan di program komputer, karena bagaimana kalau saya mempunyai uang pas 10.000 ? . Karenanya di dalam coding, lumrah terjadi kesalahan. Kesalahan dalam coding dikategorikan menjadi dua, kesalahan logika (seperti contoh tadi) dan kesalahan sintak. Kesalahan sintak kadarnya lebih ringan, karena “hanya” salah dalam penerapan Bahasa Pemrogramannya. Dan Bahasa Pemrograman biasanya memberitahukan jikalau terjadi salah sintak. Jika salah logika, maka programmer sendiri lah yang harus mencari salahnya di mana. Proses pencarian kesalahan ini biasa disebut dengan mencari bug / kutu, atau debugging. Nah kalau sudah mencarai kutu begini, bisa jadi berhari – hari dihabiskan untuk mencari kutu. Tetapi ketika kutunya ditemukan dan permasalahan diselesaikan, ada perasaan lega dan “yess”, bagi programmernya.
Setelah dua belas tahun tidak pernah koding, karena tugas kuliah, saya harus koding lagi. Saya harus belajar meraba lagi bukan hanya analisa logika coding tetapi juga sintak / tata bahasa Bahasa Pemrograman yang sudah hilang dari ingatan saya. Untungnya sekarang membuat coding jauh lebih mudah. Internet menyediakan hampir semua yang saya butuhkan dari mulai penterjemah Bahasa Pemrograman ke dalam bahasa komputer sampai dengan kamus lengkap tata bahasa Bahasa Pemrograman tersebut. Bahkan contoh – contoh potongan program sumber atau program sumber yang lengkap untuk solusi permasalahan tertentu tersedia. Meski tetap saja kalau logika kita error, programnya akan salah. Tetapi apapun, membuat coding itu menyenangkan. Tanyakan pada programmer. Bisa dua hari dua malam mereka setia mencari kutu atau menyelesaikan satu potongan program, saking menyenangkannya🙂.
Dan, inilaha potongan source saya setelah 12 tahun tidak coding.

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: