jump to navigation

RAPIM Mercu Buana Memanfaatkan apa yang kita punya November 7, 2012

Posted by Mujiono Sadikin in Yang di seputar Mercu Buana.
trackback

RAPIM UMB pagi ini memberikan banyak porsi bagi Direktorat TI untuk menyampaikan program, permasalahan dan rencana ke depan. Saya mewakili teman – teman TI menyampaikan apa – apa yang sudah, sedang dan akan kami lakukan untuk mendukung operasionalisasi UMB seefektif dan semurah mungkin dengan bantuan TI. Beberapa yang kami sampaikan adalah:
1. Kegiatan Operasional Help Desk dan dukungan bagi pengguna. Terimakasih kepada teman – teman pengguna yang sudah bersedia menggunakan IT-Helpdesk untuk menyampaikan keluhan, permasalahan, maupun advis untuk Direktorat TI. Semua yang masuk kami anggap sebagai niat baik dan kontribusi untuk bersama – sama memperbaiki kondisi TI UMB. Selain program IT Help Desk, termasuk dalam kegiatan dukungan ini adalah penyelesaian dan penggunaan display
UMB yang membantu Humas menyampaikan kegiatan – kegiatan terkait kehumasan. Direktorat TI juga sudah menyelesaikan pekerjan – pekerjaan :
• Akademik/Perkuliahan
o Penggantian LCD kelas
o Penambahan & Perapihan Jaringan
o Instalsi S/W PC baru
• Dirmawa
o CCTV UMB
• Perpustakaan
o Recovery Data Perpustakaan
o Edit barcode dan edit no invent
o Edit eksemplar
• BAA
o Penyediaan fitur Cetak transkrip/legalisir
o Penyiapan tools untuk BAA, POP
2. Direktorat TI telah mengimplementasikan sistem baru untuk keperluan pengelolaan dokumen dan arsip yang disebut : SIMDok UMB. SIMDok ini dapat digunakan untuk semua keperluan operasional pengelolaan dokumen seperti : Penyiapan dokumen akreditasi, pengeloaan surat keluar surat masuk, notulensi rapat, atau bahkan berkas – berkas pengajaran. Operasionalisasi program ini telah dimulai di Fakultas Ilmu Komputer dan Direktorat TI. Diharapkan unit lain segera menyusul untuk memanfaatkannya.
3. Sistem – sistem lain yang sudah dan sedang disiapkan adalah:
a. Sistem Pelaporan Akademik (SIMPEL)
b. Aplikasi SIA berbasi Android – mobile
c. Blog civitas akademika UMB meliputi :
i. Fakultas
1. http://fasilkom.mercubuana.ac.id/
2. http://sisteminformasi.fasilkom.mercubuana.ac.id/
3. http://teknikinformatika.fasilkom.mercubuana.ac.id/
4. http://fikom.mercubuana.ac.id/
5. http://ft.mercubuana.ac.id/
6. http://fe.mercubuana.ac.id/
7. http://ftpd.mercubuana.ac.id/
ii. Dosen
1. http:// blog.mercubuana.ac.id/
a. Contoh http://mujionosadikin.blog.mercubuana.ac.id/
4. Dukungan mempertahankan peringkat Webometric dengan melibatkan mahasiswa magang dari fasilkom untuk membantu
i. Maintain web fakultas: install plug in
ii. Mengumpulkan materi (modul, jurnal; file, hard copy)
iii. Konversi format (to doc, docx, pdf, ppt)
iv. Upload ke ojs
5. Tata Kelola TI (IT Governance), Direktorat TI UMB memulai menginisiasi penatakelolaan TI yang baik menurut standard dan aturan yang berlaku secara internasional. Standard yang digunakan adalah COBIT dengan mulai dari COBIT Quick Start 2.0. Domain proses TI dalam tata kelola TI versi COBIT terdiri dari :
i. Planning & Organizing (PO)
ii. Acquisition & Implementation (AI)
iii. Delivery & Support (DS)
iv. Monitoring & Evaluation (ME)
Untuk masing – masing proses ini, Direktorat TI sedang menyiapkan prosedur kerja. Dengan prosedur kerja TI diharapkan semua proses (misalnya perencanaan solusi, uji coba sistem, proses pengadaan barang/jasa/kontrak TI, sampai dengan evaluasi dan monitoring kinerja) dapat tertata sesuai standard dan pada gilirannya tidak tergantung kepada personal tetapi mengikuti sistem dan prosedur kerja.

Tetapi, terlepas dari apapun yang disiapkan dan dibuat oleh TI, sebagus dan secanggih apapun teknologi yang disiapkan, sama sekali tidak akan bermanfaat jika user, kita semua, tidak mau menggunakannya dengan alas an apapun. Jadi saya, mewakili teman – teman di Direktorat TI, maupun secara pribadi mengajak – tidak henti-2nya mengajak – untuk memulai dengan menggunakan apa yang kita punya. Langkah besar diawali dengan satu langkah kecil. Sambil terus diusahkan disediakan fasilitas yang ideal, ada baiknya kita gunakan apa yang kita punya saat ini. Ini juga yang saya sampaikan di RAPIM. Kita, terutama pimpinan, sudah harus mulai terbiasa menggunakan email, link.mercubuana, atau SIMdok yang sudah kita siapkan. Dengan alat sederhana yang kita punya, misalny link ini, jika konsisten memanfaatkan, banyak hal bisa kita hemat: tidak perlu lagi ada berkas hard copy yang tidak perlu, undangan rapat tidak harus berupa hard copy lagi. Jika setiap hari bisa dikurangin hard copy 50 lembar, 10 hari hemat satu rim. Di RAPIM saya juga sudah mengusulkan – dan disetujui – untuk mulai memanfaatkan SIMDok untuk pengelolaan dokumen RAPIM. Selama ini paling tidak ada 2 jenis hard copy tiap kali RAPIM : undangan, materi, plus satu dokumen notulen rapat. Dengan SIMDok, semua dokumen diupload dan dishare ke masing-2 PIC yang berkepentingan. Hanya jika diperlukan saja dilakukan pencetakan.

Demikianlah, jadi marilah kita biasakan menggunakan apa yang kita punya. Tetap semangat menggunakan link.mercubuana.ac.id . Jika ada kekurangan atau permasalahan, Direktorat TI yang bertanggungjawab untuk menyelesaikannya, tentu dengan melihat beban dan sumber daya yang tersedia.

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: