jump to navigation

Belajar dari Malaysia memanfaatkan TIK sebagai penggerak keberhasilan ekonomi dan budaya. Juni 13, 2012

Posted by Mujiono Sadikin in Yang Aku Pelajari, Yang Aku Pikirkan, Yang Aku Senangi, Yang Sayang Dilupakan.
trackback

Dalam rangka mengikuti konferensi ESCTON seksi ICCIS 2012 yang diadakan oleh Universiti Teknologi Petronas (http://www.utp.edu.my/estcon2012/) hari ini saya menghadiri Plenary Session 1. Topik yang disajikan menarik untuk dipelajari karena menggambarkan bagaimana Malaysia sebagai negara menyipkan perencanaan dan mengimplemantasikan grand disain TIK demi kemajuan Bangsa Mereka. Seperti dalam buku Panduan Program, Topik “An Overview on Malaysia’s ICT Lanscape” ini dibawahkan disajikan oleh CEO of Multimedia Development Corporation, Datuk Badlisham Ghazali.

Secara ringkas disajikan bagaiman TIK mulai dianggap sangat serius sebagai penggerak kemajuan Malaysia sejak tahun 1996 yang secara langsung dikomandoi oleh Perdana Menteri Mahathir Muhammad waktu itu. Sejak dicanangkan sampai dengan saat ini, Malaysia mulai memanen investasi yang serius dari bidang ini. Salah satunya – sebagai contoh kecil – adalah panen yang diperoleh dari investasi di aplikasi multimedia dalam bentuk animasi Upin – Ipin yang menjadi favorit di berbagai negara termasuk di Indonesia. Bagi orang asing, seperti saya mungkin, bagaimana TIK di Malaysia begitu optimal dimanfaatkan contoh kecilnya adalah sistem transportasi yang mengintegrasikan berbagai mode kereta LRT-KTM Komuter-KL Monorail – KLIA Ekspress.

Malaysia mempunyai perencanaan dan program bagaiman memanfaatkan TIK sebagai penggerak kemajuan Bangsa menuju Masyarakat berbasis pengetahuan sebagai pengarah kemajuan mereka pada tahun 2020 nanti. Jika tahun 1996 Malaysia mencanangkan Program MSC (Malaysia Super Coridor) yang lebih menitik beratkan kepada infrastruktur TIK, maka saat ini lompatan yang sedang digarap adalah “Digital Malaysia”.

Bagi saya terus terang, program itu biasa – biasa saja. Banyak orang Indonesia lebih jago dan lebih kreatif dalam hal membuat program dan perencanaan. Maka yang lebih menarik bagi saya adalah apa yang membuat mereka bisa berhasil begitu? Maka ketika sampai pada sesi tanya jawab, itu pula yang saya tanyakan kepada Datuk. “Apa faktor kunci keberhasilan pelaksanaan dan hasil program itu? Sebab setahu saya banyak negara dengan inisiatif dan program yang baik tetapi tidak berhasil dalam implementasi atau hasilnya”. Jawaban yang sempat saya rekam sebenarynya kita umumnya juga sudah tahu dan menduga. Karena memperlakukan negara sama saja dengan memperlakukan organisasi bisnis, dengan skala yang berbeda. Tiga poin yang menurutnya menjadi kunci keberhasilan adalah – kurang lebih – :

  1. Adanya komitmen yang kuat dari pucuk pimpinan. Crash program harus bersifat top down. Dan inilah yang dilakukan oleh Malaysia dalam memanfaatkan TIK. Program MSC maupun Digital Malaysia merupakan program langsung dari Perdana Menteri. Dan Perdana Menteri pula yang langsung mengontrol, mengarahkan mapun mendukung program ini. Dengan kewenangan yang dimiliki Perdana Menteri bisa mengerahkan semua komponen pemerintahan maupun masyarakat luas untuk ikut arus pemanfaatan TIK. Badan yang dibentuk untuk menjalankan program langsung bertanggung jawab dan melaporkan kepada Perdana Menteri.
  2. Adanya platform / landasan bersama yang harus mampu menyatukan semua potensi (komponen pemerintah, institusi pendidikan, swasta, NGO) untuk mendukung dan melaksanakan program ini. Untuk keperluan ini Pemerintah Malaysia membentuk Badan Internasional Advisor ICT yang berpusat di Standford University. Anggota advisor Pemerintah Malaysia ini bukan main – main. Selain para pakar dari Standford University, ada juga pimpinan HP dan bahkan Bill Gate menjadi anggota dewan ini.
  3. Adanya Flat Chip (? Saya tidak terlalu jelas bisa menangkap) atau proyek bisa menjadi starting point lompatan program ini. Proyek lompatan ini diperlukan untuk memberikan bukti dan terapi kejut yang memberikan keyakinan bahwa program akan bisa berjalan. Proyek starting point yang dilaksanakan oleh Pemerintah Malaysia dalam memanfaatkan TIK demi kemajuan bangsa ini adalah : eGovernment, Smart Card, dan Smart School.

Saya sempat merekam bagian-2 penting presentasi Datuk, seperti di bawah. Ohya..gambar terakhir tidak penting:)

Plenary   - 1, An Overview on Malaysia ICT Lanscape

Plenary – 1, An Overview on Malaysia ICT Lanscape

 

Malaysia K-Workers Initiative

Malaysia K-Workers Initiative

Malaysia Success Local Company

Malaysia Success Local Company

Malaysia Memanen Investasi TIK nya

Malaysia Memanen Investasi TIK nya

 

Target TIK Malaysia Berikutnya

Target TIK Malaysia Berikutnya

Apa Sih yang membuat Malaysia Berhasil ?

Apa Sih yang membuat Malaysia Berhasil ?

 

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: