jump to navigation

Berburu Jurnal Internasional di Ruang Komputer Perpustakaan UI, berguru ke suhu Pustaka Maret 2, 2012

Posted by Mujiono Sadikin in Yang Aku Pelajari, Yang Aku Pikirkan, Yang Aku Senangi, Yang Sayang Dilupakan.
trackback

Kemarin selesai suatu urusan di Fasilkom UI, saya iseng mengunjungi Ruang Komputer Perpustakaan UI untuk sekedar menanyakan bagaimana caranya atau adakah prosedur bagi orang luar UI untuk bisa mengakses jurnal internasional seperti IEEE (Institute of Electrical and Electronics Engineers). Jurnal IEEE – bagi yang belum tahu – merupakan jurnal bereputasi sangat baik di tingkat internasional untuk bidang elektro, telekomonikasi, dan informatika. Pustakawan Perpustakaan UI yang menerima saya namanya P Purnowo. Dari sekedar berniat menanyakan, pada akhirnya saya dapat banyak dari P Purnowo. Pertama dikasihtahunya bahwa sebenarnya setiap PTS diberikan akses 3 jurnal internasional gratis oleh DIKTI, namun kebanyakan PTS tidak menggunakannya. Setelah saya konfirmasi ke Dekanat UMB, ternyata 3 jurnal ini sosial semua sehingga tidak sesuai dengan yang dibutuhkan disiplin ilmu Ilmu Komputer.

Di UI Pustakawan bukan sekedar “penjaga” koleksi tetapi lebih dari itu, mereka telah mentransformasi diri menjadi pelayan, pembantu, dan pengarah bagi siapapun pengunjung perpustakaan yang membutuhkan referensi, informasi, atau koleksi. Maka tidak heran jika mereka mempunya pengetahuan yang luas (sebagian karena pengalaman mengelola perpustakaan selama belasan tahun) mengenai penyimpanan informasi dan temu kembali informasi (information retreival). P Purnowo membagi sebagian ilmunya ke saya kemarin mengenai misalnya :

  • Bagaimana strategi mencari jurnal online yang dibutuhkan sehingga tepat sasaran tanpa buang – buang waktu pencarian
  • Bagaimana mencari, menemukan, menyimpan manuscrip, mengelola dan menemukan kembali secara efisien
  • Bagiamana mengelola tempat penyimpanan digital kita sehingga efisien, tidak ada duplikasi data, dan tidak memboroskan tempat penyimpanan
  • Situs – situs tanpa bayar yang menyediakan jurnal – jurnal yang dibutuhkan
  • Dll

Di kepala P Purnowo kelihatanya juga penuh dengan kotak – kotak digital yang menyimpan di mana referensi, buku, jurnal, atau manuscrip yang lain bisa ditemukan sesuai dengan disiplin ilmu masing-2. Di HD eksternal juga tersimpan koleksi manuscrip digital dari berbagai disiplin ilmu mulai dari astronomi, biologi, computers, environment, ecology, fisika, information system, kimia, …sampai zoology yang update setiap saat.  Diapun siap membagi koleksinya ini secara cumua – Cuma kepada yang memerlukan asal tidak minta semua. Tapi buat apa juga kiat minta semua?:). Dan karena pengetahuan dan pengalamannya ini beliau memberikan pelatihan kepustakaan di mana mana. Mulai dari UHAMKA di Jakarta, beberapa PT di Makassar, Palembang, dll.  Melihat apa yang sekilas dijelaskan kemarin, menurut saya pelatihan seperti itu memang perlu. Terutama buat pustakawan yunior dan dosen – dosen (yang bukan dari background IT). Tujuannya sederhana: bagaimana memanfaatkan informasi yang tidak terbatas di dunia maya itu sehingga apa yang kita dapatkan memang sesuai dengan yang kita butuhkan dengan meminimalkan usaha (waktu, tenaga, dan biaya) yang kita keluarkan.

Mendapatkan jurnal internasional yang mempunyai reputasi memang cukup mahal. Maka diperlukan sedikit “kreatifitas” jika tidak inging keluar biaya banyak. Dan mudah-2an usaha saya kemarin itu sedikit kreatif, dengan sabar nonkrongin beliau cerita, mendengarkan sharingnya saya dapat paling tidak 3 hal yang terhitung: 1. Sedikit ilmu kepustakawanan 2. Ini dia, saya juga mendapatkan 15 jurnal dari IEEE Explore tahun terbaru. 3. Plus ditambah bonus kamus digital yang sangat membantu saat kita membaca dokumen digital. Bagi teman – teman yang membutuhkan silakan mengkopi.  Bagi teman-2 perpustakaan, atau dosen, atau yang lain, pelatihan “temu kembali” yang efisien seperti diajarkan P Purnowo itu mungkin perlu dipertimbangkan. Saya tanyakan ke beliau, tidak ada tarif khusus untuk itu. Sesuai standard setempat saja. Saya ada kontaknya jika diperlukan.

Sebagian Pandangan Mata Ruang Komputer Fasilkom.

Perpustakaan Digital UI Depok

Perpustakaan Digital UI Depok

 

Pengunjung, Free untuk Komunitas UI tentu saja

Pengunjung, Free untuk Komunitas UI tentu saja

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: