jump to navigation

Kembali Menguji Sidang Tugas Akhir (Ada souvenir buat pembaca jika yang bersangkutan adalah Mahasiswa Fasilkom UMB) Februari 14, 2012

Posted by Mujiono Sadikin in Yang Aku Pelajari, Yang Aku Pikirkan, Yang Aku Senangi, Yang di seputar Mercu Buana, Yang Kami Kerjakan, Yang Sayang Dilupakan.
trackback

Bulan Pebruari – Maret, adalah bulan sidang di Fasilkom. Maka begitu juga bulan ini. Total sekitar 60an mahasiswa telah mengajukan pelaksanaan sidang tugas akhir. Dua hari ini konsentrasi semua dosen terfokus pada pelaksanaan sidang baik sebagai penguji maupun pembimbing dan pemimpin sidang tugas akhir.

Dari sehari menguji sidang kemarin secara ringkas dapat saya tuliskan bahwa masih banyak kelemahan yang terdapat pada buku laporan tugas akhir.  Kelemahan dan kekurangan tersebut ada pada hal – hal yang bersifat umum dan tidak pada materi Tugas Akhirnya. Beberapa di antaranya saya ringkas seperti di bawah. Ringkasan yang merupakan hasil pengamatan dan ingatan selama sehari melaksanakan tugas menguji peserta sidan tugas akhir.

Tata Tulis

Masih banyak laporan tugas akhir yang mengabaikan kaidah penulisan Bahasa Indonesia yang benar dan baik. Beberapa di antaranya antara lain :

  • Rancu dalam menerapkan kata “di” apakah sebagai awalan atau kata depan. Menurut kaidah yang benar, jika “di” merupakan kata depan maka penulisannya dipisah dangan kata yang mengikutinya. Jika “sebagai” imbuhan maka penulisannya disambung. Dengan demikian penulisan yang benar adalah: disambung, dipisah, ditulis, diteliti, di sana, di sini, di mana, di situ, di dalam atau dipahami. Dalam tugas akhir kesalahan yang umum adalah penulisan terpisah pada “di” sebagai awalan.  Saya lihat ini juga terjadi secara umum. Banyak warga masyarakat kita yang menulis di pinggir jalan seperti : di jual, di sewakan. Ini semua salah. Bobot kesalahan lebih besar untuk karya tulis yang bersifat ilmiah.
  • Penulisan huruf besar dan huruf kecil yang tidak tepat. Misalnya dalam kalimat “Dalam penelitian ini dihasilkan aplikasi perangkat ajar bahasa Inggris kelas 6 SD” terdapat kesalahan penulisan “Bahasa Inggris”. Karena “Inggris” merupakan nama untuk bahasa, maka penulisan gabungan keduanya seharusnya masing – masing kata ditulis dengan huruf kapital yaitu “Bahasa Inggris”, seperti halnya nama sungai, nama gunung juga ditulis dengan huruf kapital. Jadi penulisan yang benar adalah misalnya : “Aplikasi perangkat ajar Bahasa Inggris”, “Berlayar di Bengawan Solo”, “Menangkap ikan di Sungai Brantas”, atau “Mendaki Gunung Agung di Bali”.

Tata Kalimat

Kesalahan mendasar namun cukup sering dijumpai adalah akibat kurangnya pemahaman terhadap hukum dasar kalimat dalam Bahasa Indonesia. Kalimat – apalagi dalam penulisan karya tulis ilmiah – harus terdiri dari minimal subyek dan predikat. Banyak mahasiswa menganggap bahwa kalimat yang ditulisnya sudah lengkap karena “cukup panjang”.  Contoh yang saya kutip dari laporan tugas akhir misalnya “Disebut juga dengan kumpulan beberapa perintah yang dieksukusi oleh mesin komputer dalam menjalankan fungsi tertentu”.  Contoh lain “Dari berbagai penjelasan rumit yang terdapat di dokumen dan buku – buku UML”.  Kedua kalimat ini tidak lengkap. Kalimat yang pertama hanya mengandung predikat, sedangkan kalimat ke dua hanya mengandung subyek.  Untuk kalimat pertama contoh penyempurnaannya adalah “Perangkat lunak disebut juga dengan kumpulan beberapa perintah yang dieksukusi oleh mesin komputer dalam menjalankan fungsi tertentu”. Kata “Perangkat lunak” merupakan subyek.  Penyempurnaan untuk kalimat ke dua misalnya “Dari berbagai penjelasan rumit yang terdapat di dokumen dan buku – buku UML berbagai penjelasan rumit yang terdapat di dokumen dan buku – buku UML dapat dipahami bahwa….”

Tata Cara Penulisan Laporan

Masih banyak mahasiswa yang kurang paham mengenai tata cara penulisan laporan terutama mengenai isi sub bab Tujuan, Manfaat, Batasan Masalah, dan Kesimpulan.

Tujuan & Manfaat

Seringkali tujuan tertukar dengan apa yang dlakukan dalam penelitian. Contohnya sebagai berikut:

  • Tujuan yang ingin dicapai penulis adalah merancangan dan membuat perangkat lunak aplikasi pembelajaran….
  • Tujuan penelitian ini adalah menganalisa kinerja jaringan Ad Hoc dengan…..

Manfaat penelitian juga sering dirancukan degan tujuan penelitian. Saya selalu memberikan contoh saat di sidang dan mempertanyakan hal ini dengan ilustrasi sebagai berikut. Saat kita menginginkan mempunyai rumah maka tujuan kita adalah :

  • Mempunyai rumah yang nyaman dengan aliran udara dan cahaya yang bebas keluar masuk
  • Tersedia taman di belakang rumah yang…..

Untuk mencapai tujuan itu maka kita melakukan pekerjaan menabung, membeli material, mengawasi tukang dst. Setelah tujuan tersebut tercapai maka kita akan mendapatkan manfaat dari tujuan yang dihasilkan tersebut yaitu antara lain : bisa beristirahat dengan nyaman, bisa bekerja dengan tenang, dst.

Batasan Masalah

Kekurangan yang paling sering ditemui dari sub bab Batasan Masalah adalah rancu antara kakas (tools) yang digunakan dengan batasan masalah. Kembali saya ambil contoh dari laporan tugas akhir, batasan masalah sebagai berikut :

  • Aplikasi ini berbasis web dan dibuat dengan Bahasa Pemrograman PHP
  • DBMS yang digunakan adalah MySQL 5

Batasan ini rancu. Seharusnya kakas yang dipilih untuk digunakan dimasukkan ke bagian Analisa dan Perancangan sbagai spesifikasi peralatan.   Untuk melakukan identifikasi apakah batasan masalah atau bukan, sebenarnya cukup sedarhana. Jika item tersebut bisa diganti, maka item tersebut bukan batasan masalah. Sebagai contoh, “batasan masalah” di atas.  Bahasa Pemrograman PHP bisa diganti dengan menggunakan Bahasa Pemrograman yang lain, demikian juga DBMS MySQL 5.

Kesimpulan

Kesalahan yang cukup sering ditemukan di sub bab kesimpulan adalah rancunya antara spesifikasi teknis atau spesifikasi kebutuhan dengan kesimpulan. Contoh kesimpulan yang kurang tepat adalah:

  • Aplikasi ini membedakan 2 jenis lagu yaitu Lagu Nasional dan Lagu Daerah
  • Aplikasi ini menerapkan permainan kuis dalam penggunaannya….
  • User dapat memilih jawaban….

Semua item kesimpulan di atas adalah spesifikasi kebutuhan yang sudah dirancang dari awal. Sebelum penelitian tugas akhir selesai pun hal – hal tersebut di atas sudah diketahui bahkan didefinisikan. Yang disebut kesimpulan seharusnya adalah hal – hal yang diketahui dan disarikan setelah keseluruhan proses penelitian dianggap selesai. Yang paling mudah untuk menyusun kesimpulan adalah dengan melihat kembali tujuan yang ingin dihasilkan dari penelitian. Apakah tujuan tersebut tercapai atau tidak. Jika tercapai dijelaskan apa buktinya, jika tidak mengapa tidak tercapai. Baru kemudian ditambahkan kesimpulan – kesimpulan lain yang dianggap perlu dan menggambarkan keseluruhan proses dan hasil penelitian.

Demikian sedikit ringkasan dan pendapat mengenai penulisan laporan Tugas Akhir mahasiswa Teknik Informatika Fasilkom. Tentu saja pendapat dan pengetahuan saya tidak sempurna. Termasuk di dalam tulisan ini. Dalam tulisan ini setidaknya ada satu kalimat yang salah, selain kalimat – kalimat contoh. Jika anda pembaca adalah mahiswa Fasilkom UMB dan menemukan kalimat tersebut, jika kalian mau, silakan datang dan tunjukkan ke saya kesalahan tersebut. Masih ada souvenir yang saya dapatkan dari ITS Surabaya waktu mengikuti dan menjadi pemakalah dalam Seminar Nasional Tenknologi beberapa waktu yang lalu. Souvenir itu bisa anda dapatkan🙂

Komentar»

1. za - Februari 14, 2012

Judulnya salah ketik tuh, Mas Moedjiono. Wah, baru dari Surabaya, Mas? Tenknologi itu teknologi soal tank? Minta souvenir juga dong buat yang bukan dari UMB😉

2. Mujiono Sadikin - Februari 14, 2012

Terimakasih Zaki, dibenerin. Bukan teknologi apa saja yang bersifat inovatif, tidak harus canggih yang penting berguna🙂


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: