jump to navigation

Terkesan dengan pelayanan BCA Finance, Appresiasi juga untuk pengurusan perpanjangan SIM dan KTP Januari 26, 2012

Posted by Mujiono Sadikin in Yang Aku Pelajari, Yang Aku Pikirkan, Yang Aku Senangi, Yang Sayang Dilupakan.
Tags: , , , , ,
trackback

Minggu lalu untuk suatu urusan pengambilan berkas, saya mengunjungi kantor pusat BCA Finance di Pondok Indah. Terkesan saya dengan pelayanan dan kondisi ruang pelanggannya. Meskipun pelanggan sama saja pengutang, seperti saya ini, namun perlakuan mereka sungguh baik. Mungkin ini karena semakin kerasnya persaingan dalam menggaet pelanggan (pengutang).

Masuk ruang pelayanan terasa lega dan nyaman. Ruangan luas, bersih, tertata, dan tentu saja nyaman. Meja kursi pelayanan pelanggan (customer services) tertata rapi lengkap dengan papan nama pelayan dan nomor kursi yang jelas terbaca. Bagi pelanggan disediakan kursi meja tunggu yang nyaman tidak membosankan untuk menunggu pelayanan. Setiap putaran leher dan mata, bisa kita jumpai papan pengumuman digital yang menunjukkan nomor antrian giliran terlayani, informasi layanan andalan, dan informasi pengetahuan dari kanal teve Discovery.

Semua pelayanan serba digital, untuk yang memungkinkan digital. Begitu masuk ruang pelanggan yang besar, petugas antrian dengan ramah menanyakan apa maksud kita. Kemudian diberikanlah kepada kita nomor antrian. Demikian juga saya yang punya keperluan mengambil berkas. Tidak lama menunggu – karena memang saya datang awal – saya dilayani oleh pelayan pelanggan yang ramah. Hanya sekedar menunjukkan nomor kontrak dan KTP asli, dengan satu klik kontrak saya sudah ada di atas meja tanpa mbaknya beranjak dari kursinya. Maklum, sudah diganakan aplikasi document management. Jadi hanya degan satu key word dan satu klik tetikus, semua tersaji. Saya tinggal mengisi formulir pengambilan berkas yang sederhana. Selasai tidak sampai 3 menit. Saya dipersilahkan menunggu paling lama 30 menit untuk pengambilan berkas manual. Yang ini tentu tidak bisa didigitalisasikan. Si Mbaknya mempersilakan menunggu di kursi meja layanan non 21 – 24 seberang nya.

Ternyata tidak sampai 15 menit saya dipanggil untuk mengambil berkas. Sebelum saya tanda tangan pengambilan dan penerimaan Mbak yang bertugas mengingatkan saya untuk mengecek kembali semua berkas. Cocok, selesai. Urusan hari itu selesai tidak sampai 1 jam, wong ongkos parkir cuman 2000. Appresiasi untuk BCA Finance.

Tetapi sebenarnya instansi pemerintah juga sudah baik. Beberapa waktu yang lalu saya ngurus perpanjangan SIM. Simple dan tidak bertele-2 juga. Tidak lebih dari 30 menit, hanya satu yang mengganjal saya tidak menerima kuitansi pembayaran yang 225 / 250 ribu saya lupa, untuk 2 SIM. Ya sudahlah saya tidak mau ribut. Mengurus KTP pun juga tidak ribet, dengan kasus kurang lebih sama saya diminta sumbangan PMI tapi tidak ada kuitansi. Biarlah, yang penting ada peningkatan daripada sebelumnya. Dulu untuk perpanjang SIM yang ke dua saya yang tinggal di Jakarta Timur harus ke Daan Mogot, perlu waktu seharian meski tanpa calo. Waktu perpanjang SIM pertama masih banyak calo dan saya pakek calo mau tidak mau. Jadi kalau sekarang “hanya” tanpa kuitansi ya sudah lah. Mudah-2an ke depan semakin clear . Begitu juga KTP.

Gambar – gambar yang sempat saya rekam dari ruang pelayanan BCA Finance

Ruang Pelayanan Pelanggan BCA Finance

Ruang Pelayanan Pelanggan BCA Finance

 

Alat Peraga Informasi Digital & Minuman Gratis

Alat Peraga Informasi Digital & Minuman Gratis

Komentar»

1. Abdusy Syarif - Februari 7, 2012

Seandainya pelayanan seperti ini bisa kita jumpai di semua instansi pemerintah, alangkah senangnya kita (rakyat).

Mujiono Sadikin - Februari 12, 2012

Thanks Pak Abdussy, harapan kita semua🙂.

2. Dhodhock Roebyantho - Februari 24, 2012

Mari kita mempersiapkan untuk menuju kesana ….


Tinggalkan Balasan

