jump to navigation

Menyetor Data Diri untuk e-KTP Oktober 27, 2011

Posted by Mujiono Sadikin in Untuk Anak - anakku, Yang Aku Pelajari, Yang Aku Pikirkan, Yang Sayang Dilupakan.
trackback

Hari ini kelurahan kami melaksanakan pendafataran dan penyetoran data warga untuk eKTP. Saya tulis penyetoran data, karena memang hari ini warga hanya menyetorkan data masing masing. Data disetor secara digital, semuanya serba citra identitas diri. Buat kita yang awam, citra disini maksudnya adalah rekaman gambar data data biologis kita seperti gambar semua sidik jari, gambar poto muka, dan gambar mata (retina) kita. Dalam istilah keamanan dan kerahasiaan informasi semua gambar tadi adalah ‘apa yang kita punya’. Selain apa yang kita punya, kode keamanan informasi biasanya dilengkapi dengan apa yg kita tahu. Untuk KTP ini berupa tanda tangan.

Proses penyetoran data warga dilakukan dengan merekam identitas dan ciri yang kita punyai. Perekaman sendiri untuk satu penduduk tidak lama, antara 2 – 4 menit. Bagi orang muda atau ada background pengetahuan konmputer atau perangkat digital bisa cepat, 2 jam selesai. Tetapi bagi warga yg sudah sepuh bisa lebih lama.

Pertama akan dicocokkan data kita dengan basis data kependudukan yg sudah ada. Data ini seperti nama lengkap, golongan darah, alamat akan dikonfirmasi ulang. Selanjutnya pengambilan gambar diri, pas photo. Sesudah pas poto, perekaman tanda tangan yg disimpan secara digital. Kemudian perekaman 4 sidik jari tangan selain jempol kiri kanan. Perekaman jempol kiri kanan, berikutnya. Terakhir urusan sidik jari adalah direkam telunjuk kiri kanan. Terakhir perekaman retina mata. Kita diminta mengintip alat rekam, tapi dengan mata membelalak. Kemudian tanda tangan sekali lagi. Selesai. E KTP belum ditrima hari ini trnyata. Belum tahu kapan ditrima. Warga menunggu saja pemberitahuan dari kelurajan atau rt setempat.

Mengurusi warga yg banyak dan bermacam macam, tentu beda – beda yg ditemui oleh para petugas perekaman data itu. Pada beberapa kesempatan diperlukan kesabaran ekstra. Apalagi saat petugas tidak tahu latar belakang warga itu. Seperti saat menghadapi warga yg sudah sepuh dengan pendengaran yg sudah jauh berkurang. Komunikasi sulit nyambung. Ditanya golongan darah dijawab datang sendiri. Diminta ngadep kamera, menjawab keluarganya yang lain nanti saja.

Terlepas dari berbagai kontroversinya, semoga eKTP ini benar – benar bermanfaat bagi warga dan bangsa kita.

Beberapa gambar aktivitas perekaman data:

Siap diphoto

Siap diphoto

 

Peralatan Perekaman Data e-KTP

Peralatan Perekaman Data e-KTP

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: