jump to navigation

Nikmatnya sebagai orang tua: Blakrakan blusukan untuk mencari dan menemukan sekolah yang sesuai, meskipun hanya tingkat SLTP Juli 11, 2008

Posted by Mujiono Sadikin in Yang Aku Jalani (Perjalanan), Yang Aku Pelajari, Yang Kami Kerjakan.
trackback

Tahun lalu anak kami yang pertama, Ani, sudah menginjak kelas 6 SD. Artinya tahun ini selesai pendidikan dasarnya dan akan masuk sekolah lanjutan. Sebagai orang tua, apalagi di tengah kondisi jaman dan pergaulan seperti ini, kami sudah mulai memikirkan sekolah mana yang sesuai dan memenuhi kriteria setelah SD. Pikiran itu sudah dimulai sejak ia naik ke kelas 6. Satu hal yang dari awal kami sepakati adalah menyekolahkan Ani ke SMP yang berbasis Islam dan bersifat boarding. Biaya memang lebih mahal daripada SMP umum terlebih jika dibandingkan dengan SMP Negeri.

Namun terus terang kami ngeri dengan model pergaulan dan lingkungan kehidupan di Jakarta. Jangankan di luar rumah, di dalam rumahpun, kita dibanjiri informasi dan ajaran yang jauh dari bermanfaat. Acara telvisi dipenuhi oleh tayangan – tayangan yang sifatnya hanyalah komersial dan hiburan. Rasanya tanpa porsi pendidikan sama sekali. Dulu, saat di rumah hanya ada keluarga inti, kami sebagai orang tua masih bisa mengatur asupan hiburan dan informasi yang masuk ke rumah lewat layar kaca. Kami bisa mendisiplinkan bahwa tidak ada TV menyala di luar hari libur saat anak – anak belum tidur. Ini cukup efektif untuk memfilter informasi sampah yang masuk ke rumah.

Tetapi sekarang, ada mbahnya anak – anak di rumah. Tayangan sinetron saat prime time adalah menu utama beliau. Dan kami tidak kuasa mengatur embahnya. Maklum semakin tua usia seseorang, kelihatannya semakin mudah tersinggung. Entah karena saya yang tidak tahu tata krama dalam meminta orang tua agar tidak nyetel sinetron dan tayangan gossip yang lain atau karena rasa sensitif itu, orang tua menjadi tersinggung dan menyangka kami pelit. Ya..sudahlah akhirnya kami yang mengalah. Akibatnya anak – anak terbiasa dengan tayangan – tayangan sampah seperti itu. Dan Hafiz, si anak TK itu suatu saat tiap hari nyanyiannya “O…o..kamu ketahuan…pacaran lagi..” dan seterusnya. Ini baru akibat informasi sampah yang masuk ke rumah, belum lagi pergaulan dan asupan informasi di luar rumah.

Maka usaha yang kami lakukan sekarang adalah “menyingkirkan” anak – anak dari lingkungan seperti itu dengan menyekolahkan mereka ke sekolah boarding berbasis Islami.

Mulailah kami mencari informasi tentang SMP-IT yang baik tetapi masih dalam jangkauan kemampuan. Desember tahun lalu ketika Ani baru menginjak awal semester genap kelas 6, kami sudah mulai survey ke calon sekolah yang sekiranya memenuhi syarat versi kami. Kami survey ke Bogor, Cianjur, Sukabumi. Sampai akhirnya kami mendapati SMP-IT Al Kahfi di perbatasan Bogor – Sukabumi yang masuk dalam wilayah sukabumi. Menurut kami baik dari sisi fisik maupun kualitas pengajaran SMP-IT ini sangat bagus. Ringkasnya kami daftar ke Al Kahfi awal Januari lalu dan ujian masuknya tanggal 22 Pebruari. Ternyata memang SMP-IT ini bagus, terlihat dari animo yang mendaftar cukup banyak dibandingkan dengan daya tampungnya. Dari sekitar 450an peserta yang mendaftar yang diterima hanya 215 santri.

Ani, dasarnya memang cuek. Setiap saya baca saran gurunya di rapot saat semesteran, saran itu tidak jauh dari agar ani mengurangi rasa cueknya. Terakhir saran gurunya yang saya baca adalah “Ani sayang, kurangi sedikit dong cueknya. Kalau mau sukses tidak cukup bermodalkan otak encer”. Menghadapi ujian masuk Al Kahfi pun dijalani dengan cuek secuek – cueknya. Tanpa persiapan dan tanpa perasaan apa – apa. Saat memasuki ruangan ujian, kami masih berharap dia mau serius dan berusaha agar dapat lolos. Kami menunggui Ani ujian sekitar 3 jam. Jam 12 kurang, ujian sudah selesai. Setelah tanya bagaimana ujiannya tadi, rasa khawatir mulai merasuki perasaan. Sikap cuek semaunya sendiri tercermin. Dia cerita, salah satu ujian mate matika yang dia tebak jawabannya kurang lebih seperti ini “Pak Haji memanen padi 10 kwintal. Pak Haji lalu mengeluarkan zakat 2.5% dari hasil panen. Berapa padi Pak Haji yang dizakatkan?”. Ketika tanya kenapa kok Ani nebak – nebak ?

Dengan enteng dia jawab “Iya Mbak Ani nebak, tapi pakek mikir”.

“Loh nebak kok pakek mikir ?”

“Iya P haji ini kayaknya pelit jadi nggak mungkin kasih zakat banyak – banyak, jadi mbak ani pilih yang paling sedikit”.

Walah mau marah tapi ingin ketawa. Mau ketawa kok rasanya malu melihat metoda
anak kami dalam menjawab. Setelah itu perasaan jadi khawatir, rasanya Ani tidak akan lolos dan kami harus siap – siap mencari SMP-IT boarding yang lain. Benar saja Ani tidak lolos. Syukurnya sepupunya lolos, jadi beban sedikit berkurang.

Selanjutnya dimulailah petualangan kami mencari sekolah sesuai keingininan. Saya mulai dengan googling, tanya ke teman – teman lewat email, dan seterusnya. Berbekal brosur dan informasi lisan dari teman – teman lain, setiap akhir pekan kami berburu SMP-IT boarding. Mulai dari Fathan Mubina di Bogor, Albinaa Karawang, Darul Fikri, Bekasi, dan beberapa lagi yang tersebar di Depok, Bekasi, Karawang, Cianjur kami datangi, kami survey. Juga beberapa pesantren di dalam Jakarta.

Akhirnya sampailah kami di SMP-IT Al Mutazzam Kuningan Jawa Barat. Melihat fisik bangunan dan usia Sekolah Islam Terpadu (dari tingkat SD, SMP, SMA) di situ, InsyaAllah kualitasnya baik dan rasanya tidak berbeda jauh dengan Al Kahfi. Tempatnya memang jauh dari Jakarta, 4 jam perjalanan tanpa istirahat. Kami daftarkan di sini. Mengingat kasus ketidaklolosan di Al Kahfi yang lalu, kami merasa was – was Ani tidak akan bisa lolos ujian lagi. Karenanya selain Al Mutazzam, kami daftarkan juga di SMP-IT lain. Di SMP-IT yang lain ujiannya lebih dulu. Tanpa kesulitan Ani lolos dengan nilai rata – rata 8.4/10. Kami sedikit heran, kalau dia mau harusnya bisa. Di Al Kahfi passing grade nya hanya 6.5, harusnya dia bisa kalau mau. Tapi ya sudahlah, mungkin dia memang lagi kumat cueknya.

Dua minggu setelah ujian pertama itu, dia ujian di Al Mutazzam. Mengingat saingannya cukup banyak, panas dingin juga kami menunggu hasil ujiannya. Apalagi di sini ujiannya dua hari. Hari pertama ujian Bahasa Inggris dan Psikotest. Hari kedua Matematika, Sains, dan Bahasa Indonesia. Ujian hari kedua selesai jam 12 siang dan rencana pengumuman jam 2 siang. Maka kami harus menunggu dulu. Jam 2 siang pengumuan belum keluar, dan baru keluar jam setengah empatan. Saya sendiri tidak melihat karena ketiduran di masjid Ikhwan sekolah itu. Ibunya yang berdesak – desakan di papan pengumuman melihat hasil ujian. Alhamdullillah Ani lolos. Lega rasanya, saking leganya ibunya sampai menangis.

Akhirnya Ani mendapatkan sekolah yanag InsyaAllah sama – sama kami (saya, istri dan Ani sendiri) inginkan. Sekarang dia sudah mulai mondok sekitar 3 minggu yang lalu. Kamipun merasa kehilangan dan ada yang hilang di rumah. Buatnya, ‘perpisahan’ ini kelihatan sangat terasa. Belum genap 1 minggu sudah merengek – rengek minta dijenguk, dengan segala keluh kesah suasana pondokannya:makanannya cuman sedikit, belum dapat bantal, sudah dua pasang pakaiannya yang hilang, dan seterusnya. Tetapi kami tidak boleh larut dengan perasaan sentimentil seperti ini. Mudah – mudahan ini jalan yang baik buat kami semua.

Sebenarnya bisa saja kami tidak perlu repot – repot blakra’kan dan blusukan ke pelosok – pelosok sekitar Jakarta untuk mencari sekolah. Dengan rata – rata Nilai UASBN 8.32, dan segala kecuekannya, Ani bisa masuk SMP Negeri favorit terdekat.

Tugas dan kewajiban sebagai orang tua terus berlanjut. Tahun ini Hafiz dan Ani sudah mendapatkan sekolah. Tahun depan giliran Fauzan untuk masuk SMP, proses dan usaha yang sama untuk mencari sekolah SMP akan kami lakukan lagi saat itu.

About these ads

Komentar»

1. rinaldimunir - Juli 31, 2008

Menarik juga perjuanganmu mencari sekolah anak, Muji. Saya juag punya pikiran menyekolahkan anak ke sekolah berasrama, tapi itu nantilah kalau dia msuk SMA. Kalau SMP kayaknya masih terlalu kecil. Lagian, lingkungan di Bandung tidak separah Jakarta.

2. anikeren - Agustus 1, 2008

@P Rin, iya pak. Kami malah mikirnya ntar SMA mereka come home lagi. Karena – mudah2an- sudah punya dasar yang cukup kuat. Dan kalau sudah menginjak SMA mereka sudah termasuk golongan dewasa, jadi mereka lebih bebas memilih dengan konsekuensi dan tanggung jawab yang sudah mereka pikirkan. Lain kalau baru lulus SD, selain ‘masih mudah’ diarahkan orang tua, mereka juga masih rentan dengan godaan-2 di luar. Wallahu alam bissawab. Sebagai orang tua kita hanya bisa berusaha yang terbaik buat mereka ya pak.

3. indra - Oktober 15, 2008

Assalamu’alaiku WrWb.
Alhamdulillah, ceritanya sungguh menarik. Kami juga tahun ini baru memasukkan putra pertama kami ke pesantren. Pertimbangan kami adalah kondisi dunia pendidikan umum (SMP atau SMA) saat ini yg menurut kami sangat menghawatirkan. Saat ini anak2 kita perlu pondasi keimanan yg sangat kokoh, mengingat terpaan hawa set.an berhembus sangat kencang. Malah begitu mudahnya masuk kedalam rumah kita, melalui TV dan internet..
Boleh kami minta informasi yg detail mengenai Al Mutazzam ini ? Terima kasih sebelumnya.

4. anikeren - Oktober 15, 2008

@Indra.
Wass. Terimakasih komentarnya…:)
Informasi lengkap Almutazzam
Sekolah Islam Terpadu, Al-Mutazzam
Desa Maniskidul Jalaksana
Kuningan.
Terletak antara Cirebon Kuningan, dari keluar tol Ciperna arah kuningan +/- 10 menit perjalanan kanan jalan. Lokasi setelah SMPIT-Itus kanan jalan
Kontak : Ust. Ade 085224808424
Semoga membantu
Wassalam

5. emy agustini - Desember 22, 2008

Assala’mualaikum wr. wb

Kebetulan thn ini kami berencana memasukan anak kami ke smp-IT boarding mohon infonya smp yg lainnya seputaran jabotabek krn lokasi kami di bogor.

Terima kasih

6. anikeren - Desember 22, 2008

Wa’alaikum salam
Ini beberapa alamat SMPIT yang kami ketahui (beberapa diantaranya pernah kami survey):
1.SMPIT Al biina :
Jl. Raya Pebayuran Kertasari Pebayuran Bekasi 17710 Telp. (021)89150720 Fax. (021)891507
Email: info@albinaa.or.id http://WWW.ALBINAA.OR.ID

Komentar
Untuk putra sangat bagus, suasananya sangat menyenangkan. Kualitasnya juga bagus.
Biaya memang mahal dibanding yang lain. Untuk putri, baru dibuka tahun lalu
yang merupakan gabungan dari pesantren sebelahnya (saya lupa namanya).

2. Nurul Iman
Yayasan Pondok Pesantren Al- A s h r iyyah Nur u l Iman
PARUNG-BOGOR
J ln Nur u l Iman Ds S ho leh waru J a ya RT 01/ 0 1 PO. B oX
107 swg 16500 Kec.Par u ng Kab.Bogor Jawa Bar a t I ndonesi a
Phone ( 0 251 ) 7165512 F ax ( 0251 ) 5 42878
Komentar
Kami tidak sempat survey ke sana, karena waktu itu pendaftaran sudah tutup.

3. Fathan Mubina,
Alamat lengkap kami lupa. Tapi lokasinya dekat Keluar Tol Ciawi yang ke arah sukabumi.
Kira-2 200 m kiri jalan setelah pintu tol dan setelah pasar itu. Jadi lebih dekat dari pada
SMPIT Al Kahfi.

Komentar
Tahun lalu beberapa asrama (putri) masih dalam pembangunan. Jadi terkesan belum rapi.

4. Al Qudwah
Jl. Beringin, no.1. Margonda Raya,
Depok, Jawa Barat,
Indonesia 16423

Komentar
Kami belum melihat ke sana

5. Daru Fikri
Alamat, kami lupa tapi arahnya : Keluar Tol Cibitung arah Cikampek,
keke kiri lurus ketemu pertigaan ke kanan ke Arah Kawasan Industri Cibitung.
Setelah Coca Cola (kanan jalan) kiri jalan, ada perumahan Vila Sakinah (?),
masuk ke situ, kemudian ketemu pintu gerbang yang ada portal dijaga satpam, belok kiri
ketemu pertigaan belok kanan. kurang lebih 300 meter dari situ. Kanan jalan.
Cukup bagus, namun memang tidak terlalu luas.

6. Kafila Islamic School
Jl. Raya Bogor Km 22 Rambutan Ciracas
East Jakarta 13830
Indonesia
Phone :
+6221 – 8400762 (Office)
+6281389800076 (Mobile)
+628170121656 (Dmtry A)
+6285280039056 (Dmtry B)

Khusus Putra, kalau tidak salah ada full beasiswa.

7. Yayasan Yapidh
alamat lengkap di sini http://yapidh.org
Alamat : Jl.Raya Komsen Kranggan KM.3 Jatiluhur Jatiasih
Bekasi – Jawa Barat
Telp. (021) 82410887 Fax.(021) 82410906
Komentar :
Cukup luas, bagus namun tidak terlalu rapi. Kami sempat survey ke sana, aksesnya agak sulit. Keluar tol jati asih,
masuk perumahaan (kami lupa namanya), kemudian kelua dari perumahan itu.

7. Fauzan, terimakasih anakku…:) « Sepenggal Persinggahan - Maret 16, 2009

[...] tahun lalu, Bapak – Ibu blakrakan mencari SMPIT yang sekiranya bagus buat Mbak Ani, tahun ini giliranmu. Namun ini lebih mudah bagi kami, karena [...]

8. Ria.nurhaini - Desember 27, 2009

Ass..
Minta informasinya tentang pesantren al – kahfi sukabumi donk ..
Oh iya, kok al – mutazzam daerah nya sama dengan pesantren husnul khotimah ya ?

9. anikeren - Desember 28, 2009

@Ria, pesantren al kahfi ada di sini http://www.pesantrenalkahfi.com. Mengenai al mutazzm, memang itu sebelah-2an dengan khusnul.
Wass

10. Pudji Rahayu - Februari 9, 2010

Assalammualaikum, mau ikutan sharing soal sekolah islam boarding. kebetulan anak saya juga sekarang sudah di kelas 10 NFBS (nurul fikri boarding school). Lokasinya di Anyer, sekitar 3-4 jam driving dari jakarta (Cibubur). Tempatnya sangat nyaman, ada kolam renang dan outbound sendiri, seperti di tengah hutan, tapi kalau menurut pendapat saya, disana itu lebih seperti hidup bersama alam. Mereka aktif berbahasa inggris dan arab, sering mengikuti olimpiade, bahkan ada anak2 dari malaysia juga jepang yang bersekolah disana. Untuk boarding school, mereka hanya ada SMP dan SMA, mereka juga menyediakan travel untuk kepulangan anak2 ke rumah dengan menempatkan di beberapa meeting point. very much recommended. bagi yang tertarik , lihat websitenya aja ya…(saya bukan sales/ mktg NFBS, hanya peminat).

anikeren - Februari 9, 2010

@PR, Wass…
Terimakasih tambahan informasinya. Insyallah bermanfaat bagi kita orang tua n anak-2 kita.
Sekalian saya kopi kan link situs nfbs di sini

http://www.nfbs.or.id/

11. wardoyo - April 6, 2010

iya ini juga lagi nunggu hasil anak di as syifa subang smp it. semoga diterima. sy juga punya pemikiran dgn p. anikeren, masalah masa depan aset akhirat kita – anak tercinta.

anikeren - April 7, 2010

Turut berdoa semoga ananda dapat diterima di As Syifa.
Terimakasih sudah mampir

Wassalam

12. kartini - April 28, 2010

aslm maaf pak saya jg mau memasukkan anak laki2 saya ( sekarang kls 6)di almutazam tp saya tdk tau sama sekali pendidikan disana seperti apa, mohon dpt dijelaskan trmksh, kalau boleh saya minta no tlp bpk
wslm

13. anikeren - April 28, 2010

@ b kartini, wass. Insy bsuk sy mail. Tksih sdah mampir

14. Nabilah Nur Shabrina - November 5, 2010

insy Allah, aq bsa ikutan d boarding skul al-kahfi, SMA. aq msh sdang proses mlihat-lhat skul tu. skarg aq duduk d klas 2 smp,, Doain, ya,,

anikeren - November 6, 2010

Ok, insyaAllah..
Amiin

15. fitri astuti - November 25, 2010

ass,,, pak saya mau minta alamat lengkap dari santri di SMPIT Daarul Fikri yg bernama ahmad fawas gibran dia teman lama saya dan sudah lama tdk bertemu

16. fitri astuti - November 25, 2010

apabila bapak sudah mendapatkan alamat rumahnya saya mohon segera hubungi ke nomer tlpn ini 02199499129 terima kasih wassalamualaikum,,,,

anikeren - November 26, 2010

Wass.
Terimakasih sudah mampir. Maaf saya bukan pihak dari SMPIT Darul Fikri, jadi saya tidak tahu dan tidak kenal kontak yang Mbak/Bu maksudkan tersebut.

Mungkin sebaiknya kontak langsung ke Darul Fikrinya barangkali

Wassalam

17. Annisa - April 10, 2011

Apakah boarding school masih ada yang dibuka pendaftaran sampai saat ini(untuk SMA)?

18. helna - Agustus 27, 2011

Assalamu’alaikum, pak/ibu anikeren, sy skrg sdg kebingungan mencari pesantren utk anak sy yg skrg kls 6 sd..
Membaca sharing bu anikeren, mhn tlg di email ke sy, web maupun alamat telp pesantren2 yg telah ibu survey, bwt info sy utk survey habis lebaran ini, mumpung liburan. Sekali lg mhn bantuannya, tks, wassalam

Mujiono Sadikin - September 7, 2011

Wass. Maaf baru balas, terimakasih sudah mampir. Alamat-2 pesantren yang pernah kami survei, ada di komentar-2 sebelumnya.

Terimakasih
Wass.

19. desi - Januari 2, 2012

Asslkm…..
Anak saya sekarang msh kls 5 SD, tp sy sdh mulai mencari SMP yg BS….tujuannya sama dengan smua ortu lain..demi kebaikan akhlaknya. Saya sudah melihat di SMPIT Nurul Fikri Lembang….
rencananya kami mau berkunjung juga ke AlKahfi Bogor n Arrohman Sukabumi. Mudah2an qt dpt memberikan yg terbaik tuk anak2..amien

Mujiono Sadikin - Januari 2, 2012

Amiin, terimakasih sudah mampir :)

tiwi - Februari 6, 2012

assalammualaikum,,,
anak sy skrg jg kls 5 SD,,,dan insyaallah,thn dpn,kbtln,kami akan pindah ke kota bandung…kl ibu tdk keberatan u/ sharing info ttg SMPIT Nurul Fikri Lembang, t’utama ttg perkiraan biaya pendidikannya…trm ksh sblmnya…wasalam

20. firqoh annajiyah - Januari 7, 2012

Alhamdulillah.. semoga semua orangtua memikirkan dengan matang bukan hanya tentang akademik tapi juga dari segi akhlaq dan aqidah dalam memilih sekolah…

saya kebetulan adalah alumni SMP-IT Alkahfi, sekarang sudah berkeluarga dan mau masukin adek saya yang kelas 6 sd ke sana lagi,, tapi pengalaman tahun lalu adek sepupu juga tidak lulus sana, jadi takut dia g lulus juga .. -__-“

Mujiono Sadikin - Januari 11, 2012

Wass…

Terimakasih sudah mampir, semoga adiknya lulus ya..

Wass

21. feka - Juli 11, 2012

Salam Pak
bolehkaj di sharing dan bebeberapa tips agar dapat sukses menyekolahkan ak di boarding school
terima kasih

22. emi hidayati - November 14, 2012

Assalamualaikum…semoga anak saya tahun depan bisa di terima di Al Kahfi..amin..mohon doanya…

23. ulfah - April 18, 2013

Assalamu’alaikum … sy jg renc sklhin anak ke BS tapi sptnya anaknya tidak mau …bgmn ya ? apakah bs dipaksakan ….

24. Dewi Gustiana - Desember 19, 2013

Assalamualaikum…. cerita bapak tidak berbeda dengan yang saya alami. Alhamdulillah anak saya begitu daftar di Al Kahfi langsung dterima. Kebetulan dia daftar di dua tempat, satunya Ar Rahman Parungkuda Sukabumi dan keduanya lolos. Dengan berbagai pertimbangan, dia memilih Al Kahfi. Sedangkan adiknya diterima Ar Rahman, jadinya keduanya terpisah. Sekarang sudah kelas 9 SMP dan adiknya kelas 8. Dan kami kembali heboh mencari SMA karena si sulung ingin susana sekolah baru. Namun kami tetap berkeinginan anak tetap boarding karena kami merasakan jauh lebih baik, anak anak jadi lebih mandiri dan Insya Allah ibadahnya makin baik dan mereka memiliki toleransi yang lebih tinggi.
Berburu SMA ternyata tidak kurang seru nya karena anak sudah lebih banyak punya kriteria tersendiri, tidak semudah ketika memilih SMP. Insya Allah bisa mendapatkan sekolah yang sesuai keinginannya.

25. andri riyadi - September 14, 2014

aslm maaf pak saya jg mau memasukkan anak perempuan saya di almutazam tp saya tdk tau sama sekali pendidikan disana seperti apa, dan peluang untuk ke universitas negeri bagaimana.mohon dpt dijelaskan.trmksh
wslm

26. Psb Smpit Nurul Fikri Lembang – Berita Terkini - September 26, 2014

[…] Nikmatnya sebagai orang tua: blakrakan blusukan untuk […]

27. Alamat Nurul Fikri Boarding School Lembang – Berita Terkini - September 27, 2014

[…] Nikmatnya sebagai orang tua: blakrakan blusukan untuk […]


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.606 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: